Menghitung SKALA

Iseng-iseng melihat gambar desain milik teman terdahulu, saya tidak tahu proyek apa itu. Setelah saya membuka-buka, tiba-tiba... hehe... Terdapat teks "Skala 1:100" di bagian gambar satu, sementara di gambar sebelahnya skala berbeda, yaitu "Skala 1:2000". Mengapa skala-nya berbeda padahal keduanya menggunakan skala? Hehe... begitu candaan saya. Setelah saya bertanya kepada pemilik gambar ini, ternyata ada perbedaan yang jelas, begitu jawaban berbobot dari pemilik gambar. Akhirnya, saya mencoba mendengarkan penjelasan mengenai skala yang terkadang membingungkan bagi mereka yang suka membaca gambar. Eits, apa itu membaca gambar? Hehe. Setelah saya mendengar dan memahami, ternyata begitu, ...

Nah daripada lupa yaa saya share aja nih disini kali aja bermanfaat buat Agan-agan, Sista-sista, embah2, ade2, dan kalian-kalian yang bisa baca dan liat. ckckckckck…  J.
Ternyata Skala itu sudah diajarkan pada saat kita sekolah dulu. Jadi skala  adalah perbandingan antara jarak sebenarnya dan jarak pada peta, dapet deh istilah skala gambar. 
Berikut rumus umumnya yang dibuat mudah untuk mengingatnya :

rumus skala
Dimana :
SKALA = Perbandingan jarak sebenarnya dengan jarak yang ada di peta/gambar 
JS = Jarak sebenarnya
JP = Jarak peta / Jarak pada gambar

Contoh menghitung skala gambar:
Pada sebuah gambar dibawah ini terdapat bangunan, dimana lebar pada mulut terbuka salurannya adalah 2.5 m, Kemudian setelah diukur menggunakan penggaris ternyata panjangnya adalah 5 cm. maka untuk mencari skala gambar tersebut adalah :
Jarak sebenarnya 2.5 m = 2500 mm dan jarak petanya adalah 5 cm = 50 mm
contoh menghitung skala

contoh menghitung skala 
Jadi skala gambar tersebut adalah 150 yang artinya jika 1 meter dilapangan maka 2 cm digambar.
Jika untuk mencari Jarak peta dan  Jarak sebenarnya Kita bisa menggunakan rumus diatas. Seharusnya untuk menghitung hitungan seperti diatas bagusnya spontan saja karena sangat mudah. Kalian bisa mengingatnya dengan rumus segitiga dibawah ini.
contoh menghitung skala 
Petunjuknya jika mau mencari Jarak sebenarnya (JS) maka skala dikali yang berhadapan yaitu jarak peta (JP), dan bilamana yang ditanyakan adalah jarak peta (JP) maka JS dibagi dengan yang dibawahnya yaitu skala. Semoga kalian mengingatnya and I hope this make it worth a while. J
disini juga saya sediakan software kecil-kecilan yg bisa didownload
Program : SKALA

Update :

Tambahan program lainnya :
Program menghitung :Evaporasi

Posting Komentar untuk "Menghitung SKALA"